Sabtu, 12 Mei 2012

Jangan Tunda Olahraga

Menjadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani adalah dambaan setiap manusia. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat maka segala aktivitas akan lebih optimal. Kesehatan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya namun sering diabaikan oleh manusia, salah satunya adalah saya. Biasanya saya baru sadar untuk menjaga tubuh ketika sudah sakit. Seharusnya langkah pencegahanlah yang dilakukan agar kesehatan terjaga karena itu merupakan salah satu cara mensyukuri nikmat Allah.

Hari ini tanpa sengaja saya menemukan kembali hasil medical check up yang saya lakukan akhir tahun lalu. Saya cukup kaget dengan hasil yang diberikan oleh laboratorium. Secara umum saya masih tergolong sehat, namun beberapa hal sepertinya wajib saya benahi dari sekarang. 


Disana disebutkan bahwa terjadi peningkatan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL dalam darah atau dislipidemia. Kolesterol total saya 224mg/dL dan kolesterol LDL dalam darah 141 mg/dL. Padahal menurut dokter nilai normal kolesterol total <200 mg/dL dan kolesterol LDL dalam darah <100mg/dL. 

"kalap gara-gara kelaparan bareng temen-temen di pantai manggar"

Ini mungkin dikarenakan pola makan saya yang salah. Sebagai seorang anak kost saya menyerahkan urusan makan pada warung nasi atau warteg terdekat. Dan hampir tiap hari menu yang tersaji ayam, daging dan ikan dengan olahan santan. Parahnya lagi konsumsi makanan tersebut tidak saya imbangi dengan olahraga teratur dan juga makan buah yang banyak. Hasilnya lemak-lemak dalam tubuh saya beranakpinak dengan pesatnya. Akibat paling jelas yang bisa dilihat dari hal ini adalah tubuh saya semakin membengkak. Bayangkan, dalam waktu kurang dari enam bulan ukuran celana saya naik dua tingkat dari 30 menjadi 32. Suer!!! Agak risih kalau ada yang bilang perut kok buncit terlebih itu dari cewek-cewek (berasa nggak cool lagi hehehe). 

Seperti yang sudah banyak dikatakan oleh dokter dan pakar kesehatan bahwa kolesterol adalah sumber dari penyakit jantung dan stroke. Asli, saya ngeri dengan hal ini. Dari situlah saya mulai mencoba sedikit demi sedikit mengganti  pola makan dan pola hidup. Alhamdulillah kondisi saya semakin membaik ditandai dengan lebih bugar, nggak cepat capek dan jarang sakit. 

"olahraga bareng temen biar tambah semangat, biar di kolam renang tetap harus eksis dan narsis"


Ternyata untuk sehat itu nggak harus susah dan mahal. Cukup dengan rajin berjalan kaki selama 15 menit sehari sambil lari-lari kecil setiap pagi. Selain berolahraga manfaat lainnya yaitu cuci mata, untuk itu pilihlah rute yang dirasa menarik dan banyak cewek cantiknya biar semangat . Kalau lagi malas keluar bisa juga senam erobik di rumah (sekedar saran ada program erobik bareng tiap pagi sama Feni Rose di tv). Atau ngedance aja suka-suka yang penting badan gerak, tinggal putar musik dan gerakkan badan sampai keringatan. Atau push up dan sit up kalau ada waktu kosong (inilah yang akhir-akhir ini rajin saya lakukan agar perut saya yang semakin membuncit cepat menciut dan rata hahaha).

Saya bersyukur hasil medical tersebut menyadarkan bahwa apa yang saya kira baik-baik saja (dengan pola makan dan hidup yang dulu) adalah salah. Sebelum semuanya terlambat dan berujung sakit saya memotivasi diri sendiri dan semua yang membaca tulisan ini untuk berolahraga agar badan sehat dan bahagia selamanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar